Jumat, 21 Januari 2011

Modified Themes eclair(root) framework-res.apk

Langsung saja jika sudah sukses ngeroot anda tidak akan asing lagi dengan adb.exe ya kan????

Bahan2nya :
    - Software compress seperti winrar, 7zip, etc.(kalo ane pake 7zip, lebih akurat kayaknya)
    - Potoshop(buat edit2 file gambar entar)
    - Keberanian(tanpa ini ga bakalan bisa)
Ingat file yang kita edit adalah file system android, jadi jika kalian melakukan kesalahan, HP bakalan mandeg sampai Logo Soner dan restart berulang2!

Jadi saya sampaikan, seriko ditanggung sendiri, jangan ngajak ane, hahahaa....


Langkah-langkahnya :
  1. ambil file franework dari HP, caranya :
      buka CMD, masuk ke folder adb.exe berada, dalam hal ini adb.exe saya berada pada folder "C:\android\tools" jadi perindah di cmd ketikkan

cd c:\android\tools [enter]
adb pull /system/framework/framework-res.apk [enter]
Nah jika file "framework-res.apk" bakalan nongol di folder tools tempat adb.exe berada. Screenshotnya kurang lebih gini gan:

  2.  Extract file "framework-res.apk". kalo ane pake 7zip, cukup klik kanan, 7zip-->Extract to "framework-res\". SSnya seperti ini gan:

  3.  Jika sudah, masuk ke folder "framework-res\res\" liat disana dalam folder "drawable-mdpi" untuk mode portrait dan folder "drawable-land-mdpi" untuk mode landscape.

  4.  Silahkan pilih gambarnya, misalnya anda mau mengubah background biru eclair jadi wallpaper kesukaan anda. pada mode portrait, silahkan masuk ke folder "drawable-mdpi" cari disana file "semc_bg".

  5.  Nah sekarang pilih gambar yang akan menggantikan backgroud tersebut, buka pada photoshop, sesuaikan resolusi/pixel dimention dari gambar yang ingin diganti, jika "semc_bg.png" resolusinya 320x480, buat juga segitu!

   6. Kemudian save gambar dengan nama harus sama dengan gambar aslinya, dalam hal ini namanya "semc_bg.png".

   7. Kita siap mereplace gambar yang ada di file "framework-res.apk". kalo ane dengan cara klik kanan pilih 7zip---->open archive, masuk ke folder "res\drawable-mdpi" tempat gambar yang mau di replace gambar yang sudah dibuat drag n drop aja ke dalam archive 7zip. jika ada pop up yang keluar pilih YES. seperti gambar :

  8.  Jika sudah selesai, file siap di transfer ke HP. Hubungkan Hp dengan PC pada mode "debugging"

  9.  Mount SDCARD, copy file "framework-res.apk" di SDCARD. jangan di folder, ntar perintahnya add nya berbeda.

  10. Jika sudah copy file tersebut, unmount SDCARD, buka CMD, masuk ke folder adb.exe berada, lalu ketikkan perintah berikut :
adb shell
su
cd /system/bin/
./busybox mount -o remount,rw /system
./busybox mount -o remount,rw -t yaffs2 /dev/block/mtdblock2 /system
./busybox dd if=/sdcard/framework-res.apk of=/system/framework/framework-res.apk
Pastikan busybox sudah terinstal di /system/bin/. Jika tidak terjadi error HP anda akan restart, dan tunggu Hasilnya. Jika HP anda hanya mandeg sampai logo Sony Ericsson dan restart kembali terus seperti itu. arinya file framework-res.apk yang anda buat tadi bermasalah. Tidak ada cara mengembalikkannya, selain dari awal lagi "downgrade-root-eclair-custom". Yang sudah instal x-recopery bisa kembaliin file framework-res.apk dengan cara instal file update.zip(didalamnya tentu ada file framewaork-res.apk asalinya)

Tutorial ini hanya berlaku untuk file yang berada pada folder "/system". Sedangkan file pada folder "/data/app", itu lain lagi ceritanya. Lain kali akan saya ceritakan. Ingat nama file dan pixel dimentionnya harus sama. pasti tidak akan terjadi error. tempat bambar dalam file .apk biasanya dalam folder res/drawable...., silahakn cari sendiri ganbar yang mau kalian ubah, mulai dari tombol, gambar baterai, sinyal, logo wifi, dll ada disini. mau buat transparan gambarnya juga bisa, yang mahir potoshop pasti ga bakalan kesusahan.

Berikut adalah Sreenshot X8eclair custom saya, perpaduan dari beberapa themes yang di ambil dari beberapa merek HP berbeda!

Oleh-oleh buat kalian yang sudah baca tutorial saya, ini framework-res.apk Gingerbread versi pulpoff2 mastahnya x8 di forum xda.
Screenshot


Sekian dulu dari saya :
- Say Thank to: xda Forum
- thanks to blogger Froggy Furnettal

0 komentar:

Posting Komentar

Bagi yang ingin komentar silahkan !!