Kamis, 13 Januari 2011

MEMPERCEPAT LAJU INTERNET


Apakah anda merasa selama ini akses internet anda mulai melamban karena beban jaringan semakin padat. Yang kita tahu bahwa selama ini pihak ISP hanya mengejar target pemasukan tanpa mempertimbangkan beban jaringan. Belum ditambah dengan kondisi infrastruktur komunikasi kita amburadul. Apa yang kita lakukan ? Protes ke ISP hanya akan dianggap sebagai buang-buang waktu.
Perlu kembali ditegaskan bahwa kebanyakan yang kita pakai dalam koneksi internet adalah menggunakan wireless jadi tetap menganut hukum : Posisi Menentukan Prestasi. Artinya jika posisi anda menguntungkan maka anda akan memperoleh koneksi yang baik dan stabil. Sebaliknya jika posisi anda sedang tidak menguntungkan maka anda akan mendapatkan koneksi yang buruk dan tidak stabil dan belum tentu bisa konek. Jangan hanya mengandalkan sinyal semata, karena sinyal itu hanya penanda ada jalan. Internet diibaratkan sebagai mobil versus jalan, artinya jika sinyal penuh maka itu pertanda ada jalan yang bisa dilewati, ukurannya frekwensi jalan harus lebih lebar dari frekwensi mobil, sekalipun lebar jalan terpentang namun jika frekwensi mobil lebih lebar maka koneksi tetap saja tidak stabil atau malah tidak konek. Sebaliknya walaupun sinyal kecil namun jika frekwensi jalan lebih lebar dari mobil maka internet bisa terkoneksi. Jadi sinyal penuh bukan ukuran sebuah koneksi akan stabil.
Berbagai macam tools bisa digunakan untuk menghemat bandwidth yang bertujuan untuk memperlancar akses internet, seperti yang telah saya singgung di atas bahwa frekwensi jalan harus lebih lebar dari mobil, namun kita bisa mengakali dengan memotong-motong mobil tersebut kemudian diangkut dengan sepeda motor/gerobak, sesampai di tempat tujuan mobil kembali dirakit. Analoginya memang demikian. Karena bandwidth yang masuk ke komputer kita akan dikompress atau dimanpatkan terlebih dahulu baru kemudian dimekarkan. Hanya tingkat kompresi yang menentukan cepat tidaknya sebuah akses internet.
Tahap pertama yang dapat kita lakukan dengan adanya program kompresi ini, alangkah baiknya anda menggunakan browser Firefox, browser ini lebih enak dikustomisasi dibanding yang lain. Setelah anda menggunakan Firefox install add on sebagai berikut untuk mempercepat browser :
add on FastestFox
add on Adblock Plus
add on Tweak Network
Kemudian ketikan about:config pada address bar, pada kolom filter ketikan entry pipe.
network.http.pipelining aslinya false ubah menjadi true
network.http.pipelining.firstrequest aslinya false ubah menjadi true
network.http.pipelining.maxrequests ubah nilanya ke 100
network.http.proxy.pipelining aslinya false ubah menjadi true
seperti gambar dibawah ini:

Langkah terakhir adalah klik kanan pada area kosong di tempat itu dan pilih New – integer, ketikan entry berikut : nglayout.initialpaint.delay lalu tekan enter dan masukan angka 0 ( nol ).

Untuk membantu akses internet agar lebih cepat gunakan toonel, toonel dapat didownload di sini. File toonel tersebut hanya bisa dipakai jika di dalam komputer anda terinstall Java Runtime Environmental, jika belum terpasang baiknya anda download terlebih dahulu di sini. Jika telah terinstall hanya perlu settingan kecil saja di browser firefox, pada browser firefox klik Tools-Options- pilih tab advanced terus Network – Setting – pilih pada bagian Manual proxy Configuration isikan pada kolom tersebut dengan angka 127.0.0.1 dan portnya 8080.
Panggil Toonel dan biarkan tetap dalam posisi tersebut dan jangan di minimize, kemudian jalankan browser dan masuklah ke www.google.com, jika memang bisa masuk ke google.com maka anda telah sukses, serta rasakan perbedaan tanpa dengan toonel. Penggunaan Toonel ini anda akan dianggap menggunakan proxy dari Jerman. Artinyanya anda akan dianggap mempunyai IP atau Internet protokol dari Jerman. coba check IP anda lewat whois. Jika masih kurang cepat anda perlu melakukan winsock, winsock adalah tools kecil yang bisa didownload di url ini. klik saja Fix kemudian restart komputer anda. Ingat langkah memakai toonel nanti dipanggil terlebih dahulu, kemudian koneksikan kembali baru panggil browser firefox.
Optimaliasasi Internet Dengan Registry
Saatnya yang lebih rumit dengan mengkontumisasi registry. sebelum anda melakukan tunning registry alangkah baiknya anda mengbackup dulu registry, soalnya otak atik registry itu sangat berbahaya, karena registry menyimpan setting yang sensitif terhadap perubahan sedikit saja. Segera panggil registry dengan klik Start-RUN ketikan regedit kemudian tekan enter. Klik pada My Computer kemudian klimk File terus Export, letakkan pada folder terserah anda, hasil export ini akan dinamakan namafile.reg. Jika sudah tereksport kalo anda hendak mengembalikan tinggal klik ganda dan jawab dengan yes.
Ada beberapa settingan yang perlu diubah.
HKEY_LOCAL_MACHINE/Software/Microsoft/Windows/CurrentVersion
/Explorer/RemoteComputer/Namespace
dibawahnya cari entry berikut kemudian delete :
{D6277990-4C6A-11CF-8D87-00AA0060F5BF}
Optimalisasi Internet Dengan Memblok Gambar Dan Animasi
Ini merupakan langkah yang lebih baik dengan menonaktifkan gambar yang masuk ke browser dan hal ini bisa diaplikasikan pada semua browser. Trik ini memang lebih manjur karena gambar merupakan salah satu hal yang membebani akses internet, jika anda hanya membutuhkan teks saja alias mencari makalah lebih baik matikan saja fasilitas gambar atau load picture ini.
Untuk firefox bisa dicari pada menu Tools- Option-Content, buang centang Load images automatically. Untuk Opera bisa pada menu Tools – Preference – Advanced – Content, buang centang pada window sebelah kanan sesuai keinginan anda. Sedang untuk Internet Explorer dapat dicari lewat Tools – Internet Option – Advanced, cari pada bagian multimedia.

2 komentar:

chyardi mengatakan...

Salam kenal mas Agus, maaf ya aku terlambat backlink-nya, terima kasih sudah berkunjung ke Chyardi's Blog, mengenai link blog mas Agus, sudah terpasang di Blog Chyardi, dibagian Link kelompok (K) namanya Kaplut Pengetahuan, selain itu saya juga sudah jadi Follower blog mas Agus, mohon diperiksa kembali ya. Sukses untuk mas Agus, semoga blognya bertambah maju dan berkembang ...

Agus Balibo mengatakan...

sip mas sudah saya liat,,, trims ya mas chyardi...
sukses selalu juga,,,,,

Poskan Komentar

Bagi yang ingin komentar silahkan !!