Minggu, 23 Januari 2011

Cara Pasang Meta Tag pada bloger Blogger

Untuk memasang meta tag blogger sangatlah sederhana. Setelah sebelumnya mengetahui tentang penggunaan meta tag html, sekarang tinggal dipraktekkan pada blog kita. Pemasangan meta tag ini sangat erat kaitannya denga teknik memenangkan SEO. Entah kenapa saya koq tertarik belajar tentang SEO ya? Mungkin saja karena SEO (Search Engine optimization) lebih banyak berhubungan dengan menulis artikel konten berupa kalimat. Teknik SEO melalui optimasi meta tag dihadapkan dengan menulis kode-kode html yang lebih sulit dan berat dibandingkan membuat artikel dalam bentuk tulisan. Bila dimodifikasi sedikit saja maka SEO akan menjadi SEOntoloyo mrgreen.

Cara Pasang Meta Tag di Blogger:

Login ke blog dengan ID mu » klik Tata Letak » Pilih Edit HTML » Centang kotak expand template widget dan tunggu sampai loading selesai lalu persiapkanlah hal berikut pada notepad atau text editor lainnya. Kamu juga bisa menambahkan langsung kode ini pada kotak HTML bila dirasa yakin.

<meta content='Tulis deskripsi blog kamu di sini' name='description'/>
<meta content='keyword1, keyword2, keyword3,...' name='keywords'/>
<meta content='INDEX, FOLLOW' name='ROBOTS'/>
<meta name="author" content="Tulis nama kamu di sini"/>

Setelah selesai pasanglah kode tadi tepat di bawah kode:
<title><data:blog.pageTitle/></title>
Kemudian klik simpan dan selesai.

Pemasangan meta tag description, meta tag keyword dan meta tag robot diharapkan dapat mengangkat posisi blog kita di halaman search engine. Dengan begini mudah-mudahan bisa mendatangkan traffic pada blog. Kalau traffic kunjungan blog tinggi mudah-mudahan penjualan atau bisnis online internet yang sedang dicoba semakin sukses. Coba saja misalnya ada orang yang mencari keyword autocad 3D house design atau desain arsitek rumah minimalis dan yang tampil pada halaman pertama google page adalah blog kamu, tentunya diharapkan iklan google adsense yang ada di blog kamu akan diklik pengunjung. Yah, semoga saja.

Sebagai penutup yang seharusnya saya tulis pada bagian atas:
  1. Pikirkan baik-baik tentang deskripsi blog kamu, sebisa mungkin beda dari yang lain dan memang unik. Misalnya tentang Autocad 3D House Design atau Desain Arsitek Rumah Minimalis dan banyak lagi yang penting kreatif dan imajinatif. Kalau blog bang del memang isinya tidak spesifik pada satu topik saja, saya campurkan semua topik di sini.
  2. Pikirkan baik-baik keyword yang akan kamu menangkan di search engine. Untuk pemilihan keyword ada lagi tekniknya dan tools yang khusus menganalisa persaingan keyword ini.
  3. Beranilah bereksperimen dengan meta tag.
  4. Never too late to learn.
Bagaimana, cukup mudah bukan. Oke, sekarang anda sudah bisa memasang kode meta tag pada template blog anda. Selamat bersaing dengan meta tag

0 komentar:

Posting Komentar

Bagi yang ingin komentar silahkan !!